Total Tayangan

Kamis, 05 September 2013

Beranilah



Suatu hari, ada seorang anak yang sangat nakal di sekolahnya. Dia selalu datang terlambat, berkelahi dengan teman, dan senang mengumpat. Namanya Rico. Kini dia duduk di kelas 6 SD. Di kelasnya, ada 1 anak yang sangat pendiam, namanya Kevin. Dalam kesehariannya, Kevin hanya di kelas mengikuti pelajaran dan pulang ketika bel pulang berbunyi. Kevin cukup pintar di kelasnya.
Hingga suatu hari, mendekati ujian sekolah, Rico mendekati Kevin dan menyuruh Kevin untuk memberi contekan saat ujian. Kevin yang pendiam dan tahu kalau Rico sering berkelahi menjawab ya dengan nada takut. Rico tertawa dan berlalu meninggalkan kelas karena sudah waktunya istirahat. Ketika pulang sekolah seperti biasa Kevin langsung pulang dan sesampainya di rumah, dia mengerjakan PR sambil berpikir tentang apa yang disuruh oleh Rico tadi di sekolah. Dia tahu bahwa Rico bisa marah jika ia menolak untuk memberikan contekan, tapi dia juga tahu kalau mencontek dan memberi contekan adalah perbuatan yang salah karena itu merupakan kecurangan.
1 hari sebelum ujian berlangsung, Kevin didatangi oleh Rico dan 3 temannya. Mereka menanyakan apakah Kevin sudah siap memberi contekan besok. Kevin terdiam sejenak, lalu dia berdiri dari tempat duduk dan mengatakan dengan tegas bahwa dia tidak akan memberi contekan. Bagi Rico yang mendengar itu, itu adalah pertama kalinya ada yang menolak apa yang diperintahkannya. Rico terpukul dan mencoba marah, tapi ketiga temannya menahannya dan mengatakan bahwa Kevin benar, mencontek tidak seharusnya mereka lakukan, karena ujian ini untuk masa depan mereka, kalau untuk masa depan mereka harus bergantung pada orang lain, bagaimana masa depan mereka kelak. Rico berterima kasih pada Kevin dan berlalu meninggalkannya.
Akhirnya, Rico mengikuti ujian tanpa menyontek. Akhirnya, ketika hasil ujian diumumkan, Rico lulus, walaupun dengan nilai yang pas-pas an...
Jadi, beranilah melawan untuk sesuatu yang buruk dan membela apa yang benar menurutmu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar